Parade Inspirasi Tanah Utara: It’s All About School of Rock

PARADE INSPIRASI TANAH UTARA: IT’S ALL ABOUT SCHOOL OF ROCK

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Kamis, 30 November 2017, berlangsung satu kegiatan musik tahunan yang digagas oleh Pitu Room. Pemilihan tajuk “P.I.T.U”, yang merupakan kependekan dari Parade Inspirasi Tanah Utara itu sedikit banyaknya mengisyaratkan bahwa kegiatan ini bukan sembarang kegiatan bermusik. Kenapa demikian? Okelah bre, untuk menjawabnya, kita ngobrol sedikit mengenai arti kegiatan bermusik atau yang kerap disebut “gigs” oleh para pelaku sekaligus penikmatnya.

Kegiatan bermusik pada umumnya bisa dipandang secara komprehensif, bisa juga dengan banyak arti. Tak ada yang salah jika kegiatan bermusik dilakukan di sebuah café, di mana band yang perform mendapatkan apresiasi oleh pendengar sambil menikmati makanan sedap yang tentu saja harus dibayarnya. Tak ada yang salah apabila segerombolan anak muda menggagas kegiatan musik di tempat non café, yang di dalam kegiatannya membiarkan pendengar untuk berekspresi seliar mungkin (misalnya salto, stage diving, kayang, sleding, munmen, dsb). Hanya saja, perlu sebuah konsepsi matang yang dituangkan ke dalam kegiatan musik agar kegiatan tersebut tidak terkesan bersifat hura-hura atau hedonisme belaka.

Parade Inspirasi Tanah Utara boleh dibilang sebagai kegiatan musik yang jauh dari gemerlap hedonisme atau gigs hura-hura. Pitu Room sebagai penggagas, menyampaikan pentingnya edukasi terhadap generasi mendatang dengan cara memberikan kegiatan musik yang di dalamnya terdapat diskusi seputar arti “pentingnya berkarya”. Sebagai pendukung kegiatan, Pitu Room menghadirkan band-band inspiratif yang sudah merilis album, agar bisa berbagi pengetahuan (sudah menjadi ciri khas dari kegiatan ini) mulai dari bagaimana membentuk sebuah band yang baik, cara mengonsep sebuah album, biaya yang diperlukan dalam pengerjaannya dan berbagai hal pendukung penting lainnya. Yah, bisa dibilang kegiatan ini seperti sekolah singkat untuk ngerock. Band partisipan datang sebagai guru, audience sebagai murid, Pitu Room sebagai sekolah, dan Parade Inspirasi Tanah Utara sebagai kelas pelajaran. Yang penting jangan nakal-nakal ya, biar enggak disetrap di pojok!

Sekadar informasi, Parade Inspirasi Tanah Utara ini merupakan agenda tahunan yang intens dan sudah dilaksanakan sejak tahun 2015. Diskusi santai dengan melibatkan pelaku musik lintas genre menjadi nuansa khas kegiatan ini. Parade Inspirasi Tanah Utara tahun ini (kamis 30 November 2017) mengangkat tema album dan tour sebagai muatan diskusi. Diskusi santai di sela-sela pertunjukan musik, berbicara mengenai bagaimana cara sebuah band untuk memulai sebuah album, menyelenggarakan tour, mengorganisir tour hingga berbagai pengalaman ketika akhirnya berhasil menjalankan tour. Tentu saja narasumber yang dihadirkan disadur dari band-band Medan yang “telah” atau “akan” melakukan tour dalam waktu dekat. Sebut saja Syuthay dan The Clays yang telah melangsungkan tour Jawa beberapa waktu silam. Bare dan Triger Angger, dua band hardcore ini juga berencana akan melangsungkan tour dalam waktu dekat.

Perform Syuthay pada gigs Parade Isnpirasi Tanah Utara, kemarin (30 November 2017). Foto: Dokumentasi Degilzine

Jika ada pendapat di luar sana yang mengatakan mahalnya sebuah edukasi, maka tidak dalam kegiatan ini. Parade Inspirasi Tanah Utara membebaskan seluruh makhluk yang ada di seluruh alam semesta untuk datang tanpa memungut sepeser uang pun sebagai tiket masuk. Konon katanya lagi, tak perlu meng-order makanan dan minuman apa pun! (Ya iyalah, Pitu Room kan ruang kreasi, bukan cafe yang suka maksa, bre Aga!-ed).Namun dengan menyesal harus saya katakan, ada satu hal yang cukup membikin prihatin. Bila kebanggaan serta prestasi dalam hal “kelenturan waktu” disandang dan lazim ditemui pada berbagai kegiatan musik di Medan, Pitu Room dalam kegiatan parade inspirasinya mendadak naif hingga menciderai kebanggaan itu dengan memulai kegiatan tepat waktu pada pukul 20:00 WIB dan berakhir sebelum pukul 22:00 WIB.  Huh!! Dasar! Sebel!!!!!

Share this post

Recent post