Terdegil 2017

TERDEGIL 2017

2017 akan segera kita sudahi. 2018 siap menyerbu dengan segala keriuhannya. Apa saja yang sudah terjadi di 2017? Musisi Medan mana saja yang kami anggap berpengaruh bagi skena musik lokal? Lagu-lagu apa saja yang pantas dikategorikan sebagai lagu yang degil di 2017? Film apa saja yang merusak pola pikir kalian dengan kedegilannya di 2017? Atau tokoh Medan mana saja yang sukses memberi warna berbeda bagi kota ini di 2017? Semuanya akan kami rangkum dalam Ter-Degil 2017. Tidak ada syarat yang otentik, alih-alih coba memilah mana yang bagus dan mana yang tidak. Kategori mereka/apa yang masuk ke dalam list adalah pilihan tim Degil yang dipilih secara aklamasi, dan tentunya bersifat sangat-sangat subjektif (sebab objektifitas hanya milik Rene Descartes). Kalau ada yang merasa lebih degil dari daftar yang kami ajukan, maka kami memohon ampunan dengan 10 jari kaki menghadap ke langit. Apa pun itu, marilah apresiasi pilihan kami di bawah ini.

 

TOKOH TERDEGIL 2017

  • T. Dzulmi Eldin

Bapak kita yang lahir 57 tahun lalu di Medan ini cukup bisa kita banggakan. Banyak penghargaan yang sudah diraihnya tahun ini, antara lain penghargaan dari Menpora dan penghargaan Natamukti 2017. Sayangnya bapak kita ini ngga dapat penghargaan dari Transparency International Indonesia (TII), meskipun kota kita ini terpilih sebagai kota terkorup se-Indonesia Raya versi mereka!

  • Fatahillah Ginting

Daya juang fotografer yang berkantor di Komplek Villa, Setiabudi Abadi, dalam membangkitkan romantisme skena Medan era ’90-an ini mesti diacungi jempol, bre! Tahun ini doi didaulat untuk menjadi fotografer pernikahan dari putri Presiden Jokowi, ketika diselenggarakan di Medan. Bayaran yang dia dapat tentunya gede, namun dengan ketulusan hatinya, doi menyalurkan semua fee yang ia dapatkan itu untuk menyelenggarakan sebuah event bertajuk CLBK serta mendatangkan Disko Pantera dari ibu kota. Degil kali abang ini ah!

  • Mustika T. Yuliandri

Tika aka Perempuan Tika ini akhirnya bekerjasama dengan penerbit Umbara dalam menerbitkan buku kumpulan puisi dengan titel Ketikakata di penghujung tahun 2017 ini. Kedegilannya dalam menerbitkan buku kumpulan puisi ini mesti kita apresiasi setinggi-tingginya. Kenapa tidak? Kota ini, yang dulunya dikenal sebagai kota para pujangga, sudah terlalu haus pada puisi dan sajak-sajak yang lahir di tanah ini. Soal laku dan tidak, bermutu atau tidak, bukan urusan kita. Sebab, nerbitin buku kumpulan puisi saja sudah bisalah kita bilang “Degil kali kau, ah!”

 

MUSISI TERDEGIL 2017

  • Santus Sitorus

Vokalis dan gitaris dari Filsafatian ini memang punya pembawaan khas Medan yang keras, tapi doi punya sopan santun yang layak dicontoh oleh seluruh musisi kota Medan. Di tahun ini, Filsafatian mendapat kesempatan tampil di depan para pembesar KPK di Jakarta. Tujuannya cuma satu, meminta kepada para pembesar itu agar KPK dipindahkan ke Medan, sebab kota terkorup se-Indonesia Raya bukanlah Jakarta, melainkan Medan! Dan permintaan degil itu doi ucapkan di sela-sela penampilan Filsafatian di depan para pembesar itu! Kurang degil apa coba? Berani kayak dia?

  • Afif Nabawi

Gitaris dari Garside ini patut mendapat penghargaan sebagai gitaris muda terdegil sekota Medan. Gimana ngga? Di penghujung tahun ini, doi dengan gagah berani mengeluarkan album solo instrumental dengan 8 track di dalamnya. Tapi belum degil kalau cuma begitu. Yang bikin degil itu karena doi juga mengeluarkan 13 lagu instrumental lainnya dan diedarkan secara cuma-cuma di Soundcloud! Nah, selain jago nge-gitar, anak muda ini punya tatapan mata yang bisa menggetarkan hati seluruh gadis sekota Medan, lho. Degil, ngga?

  • Andri Manurung

Ga usah disebut basis gondrong ini berasal dari band apa, sebab hanya Tuhan yang tahu, bre! Mau nge-gigs, mau event, bahkan weddingan pun doi bersedia untuk turut tampil. Dengan begitu, sudah tahulah kita bagaimana kemampuan doi dalam menguasai ragam teknik permainan bass. Jazz, rock, folk, pop Melayu, bisalah! Kurang degil apa lagi coba?

 

EVENT TERDEGIL 2017

  • Pernikahan Bobby dan Kahiyang

Anak Medan kawin sama anaknya Presiden, bre! Bangga awak! Yah, begitulah kata-kata orang Medan kebanyakan. Pada 26 November 2017 lalu, resepsi kedua diselenggarakan di kota kita tercinta ini. Bukan main bangganya melihat jalanan kota Medan jadi macet semacet macetnya! Berkat perhelatan ini pula para pembesar kita yang mulia itu jadi rajin, rajin membobol jalan-jalan biar lebih rapi. Jangan marah kalau sampai sekarang belum siap. Kan pestanya udah kelar. Buat apa lagi diseriusin, kan?

  • Raon Fest 2017

Benji adalah manusia terdegil di tahun 2017. Bukan cuma sebagai vokalis di Hello Benji and The Cobra, tapi juga sebagai individu penggerak skena. Pada 15-16 Juli 2017 kemarin, Benji menggerakkan anak-anak muda kreatif berlabel Gang Cobra untuk mengadakan Raon Fest 2017 di bumi perkemahan Sibolangit. Di sana bukan cuma ada musik dan puisi, tapi juga implementasi praktik gaya hidup hippie yang hendak menyatu dengan alam, serta bentuk ekspresi kepedulian pada lingkungan, tumbuhan, serta binatang. Lain kan? Degil pulanya!

  • Magnitude Medan Northblast 2017

Pada tanggal 9 Desember 2017, Sepultura akhirnya perform di Medan, bre! Ini band trash metal idola abang-abang awak nih. Kebayang kan berapa banyak dana yang mesti dikucurkan untuk mendatangkan unit asal Brazil ini? Kalau sudah begitu, kami sih yakin, jagoan-jagoan lokal kita yang didaulat sebagai band pembuka bagi Sepultura itu sudah mendapatkan apresiasi yang layak dari para penyelenggara. Iya, ngga? Yah, meskipun tidak ada lagi Cavalera bersaudara, Sepultura tetaplah Sepultura.

 

FILM TERDEGIL 2017

  • Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Kenapa ini film kita pilih sebagai salah satu dari film terdegil 2017? Satu: film ini sukses mengangkat genre baru dalam perfilman Indonesia, campuran antara slasher, dark comedy, serta kearifan lokal ala-ala negri surga yang biasa kita sebut sebagai Indonesia. Dua: berkat film ini, banyak manusia-manusia petualang yang sekarang ngebet berangkat ke Sumba untuk sekadar menyamai muka dengan kuda yang dinaiki karakter Marlina di film ini. Cemana? Kurang degil apa lagi?

  • Pengabdi Setan

Semoga setelah film ini booming, kita tidak akan lagi menemukan eksploitasi tubuh kaum hawa yang sesungguhnya tak ada korelasinya dengan jalan cerita, atau lawak-lawak ngga mutu kelas rendah super rendah sangat rendah amit-amit rendah yang biasa menghiasi film horor Indonesia era 2000-an. Pendeknya sih, Pengabdi Setan berhasil mengembalikan harkat film horor Indonesia ke tempat yang sebenar-benarnya. Degil kali bah!

  • Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part II

Segala kenangan kami atas 34 film Warkop DKI yang orisinil, yang sebelumnya hampir rusak di Warkop DKI Reborn, akhirnya resmi rusak di film ini. Alahmak! Saking degilnya film ini, kami merasa bahwa film ini cuma pingin mendompleng kebesaran nama Warkop DKI demi pundi-pundi uang saja. Wahai Kasino dan Dono, berikanlah maafmu pada Indro yang sesungguhnya telah dibohongi oleh generasi degil zaman now.

 

LAGU TERDEGIL 2017

Soal kedegilan, jangan main-mainlah sama Hello Benji and The Cobra. Khusus untuk lagu ini, cemana ga dibilang degil, single Anak Muda dirilis dalam format kaset pita untuk diikutkan dalam Record Store Day 2017, bre! Soal kualitas dari lagu ini, ngga usah ragu. Inilah lagu yang kami anggap terdegil di tahun 2017!

Kalau dengar lagu ini, kami merasa dibawa ke dunia fiksi kontemporer, di mana Jon Snow sedang bercumbu dengan Daenerys Targaryen. Nah, kalau di kesusastraan kita mengenal genre fiksi fantasi, maka genre itu mungkin tepat disematkan pada lagu ini (kalau ada). Tapi kalau gitu aja, ga bakal dibilang degil. Nah, bayangkan ketika Jon dan Daenerys sedang bercumbu, lalu datanglah Lu Bu dan Cao-Cao (dua panglima besar di era Sengoku) dengan niat mengganggu. Absurd? Tepat sekali! Kurang degil apa coba?

Menurut kami single Feel Me sukses menghadirkan video klip yang sangat-sangat menyegarkan mata! Ngga perlu model bertampang Indo atau warna-warni gegap gempita; cukup seekor anjing dalam rupa karikatur saja, bre! Aksen Amerika sang vokalis di dalam lagu ini juga cukup sempurna. Kalian, yang lebih senang memakai lirik Inggris ketimbang Indonesia, bolehlah untuk belajar cara menyanyikan lirik Inggris dengan baik dan benar pada doi. Liriknya, coba kalian dengar baik-baik, setelah itu renungilah. Kurang degil apa, hah?

HAPPY NEW YEAR 2018

Share this post

Recent post