LAZY HIKING CLUB: UNIT MUSIK SAMBIL BERPIKNIK

LAZY HIKING CLUB: UNIT MUSIK SAMBIL BERPIKNIK

“Tidak ada hal yang paling nyaman di dunia selain bermalas – malasan.”

Sebuah quote yang saya rasa cocok untuk mengawali tulisan ini. Entah dimana pertama kalinya saya mendengar atau melihat kalimat itu, dan tidak tahu kenapa pula kalimat itulah yang terbayang pertama kali di pikiran saya ketika akan menghadiri acara Lazy Hiking Club. Tujuan saya sih sudah jelas; untuk bermalas – malasan tentunya. Bagi saya ini acara yang tepat untuk memfasilitasi kemalasan saya. Saya pribadi bosan dengan kebanyakan acara musik yang ada sekarang. Acara kolektif seperti ini menjadi salah satu pelarian saya. Entah kenapa acara yang dibuat kolektif biasanya selalu bagus dan menyenangkan. Bosan juga dengan acara yang setiap mau band tampil ada iklan – iklan gak jelas. Ya tahulah apa itu.

Jumat, tepatnya 30 Maret 2018, acara ini diselenggarakan untuk mengawali libur akhir pekan yang indah. Mengambil tempat di Pager Wangi Dome yang berada di sekitaran daerah Lembang, Jawa Barat. Pilihan tepat, pikir saya. Selain jaraknya yang tidak jauh, tempatnya memiliki lapangan rumput cukup luas dengan pohon – pohon rimbun di sekitarnya dan yang terpenting jaraknya hanya 2 menit dari parkiran. Yaaa… benar – benar “Lazy” sesuai namanya, hahaha.

Agenda pertama acara Lazy Hiking Club adalah bermalas – bermalasan, yang dimana penyelenggara seakan – akan tidak rela jika mengingkari kata “Lazy” pada nama acaranya, hahaha. Penonton semua diajak bermalas – malasan dan enjoy menikmati suasana. Tanpa basa – basi saya dan teman – temanpun langsung mencari lapak untuk menggelar alas. Tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan nyaman ketika tiduran sembari dikelilingi pohon – pohon rimbun sambil mendengarkan beberapa spining musik pilihan yang dimainkan.

Foto: Koleksi penulis.

Beberapa penampil dalam acara Lazy Hiking Club kali adalah Parahyena, Dr. Ashrii, Balaruna, Payung Teduh dan penampilan Bung Jhon Castela di akhir acara. Ada juga beberapa spinning musik oleh Jaques (Sins O Suns) dan Uya X Mdnsds. 35 ribu adalah jumlah yang harus dibayar untuk dapat menghadiri acara ini, yang dimana sudah termasuk tiket masuk dan makan siang (yang ternyata enak). Terdapat juga beberapa games “Lazy” dengan hadiah menarik.

Foto: Koleksi penulis.

Kang Doli, sebagai salah satu penyelenggara acara ini ketika ditanya apa itu Lazy Hiking Club, dengan sederhana ia menjawab “Unit musik sambil berpiknik. Karena malas – malasan bisa menjadi kebutuhan”. Ia pun menambahkan sebenarnya ia tidak menyangka acara ini bisa seramai ini. Awalnya cuma 5 orang dan sekarang bisa sampai 200 orang. Acara ini murni tanpa sponsor dan mengandalkan kolektifan bareng teman – teman dekat, yang pada akhirnya bisa sampai kepada edisi ke-13nya sekarang. “Intinya menikmati waktu”, tuturnya. Ia menambahkan bahwa setiap orang kepingin punya “me-time” yang kayak malas – malasan atau leyeh – leyeh. Dari situ Kang Doli dkk berpikir kalo disana juga ada beberapa orang yang punya kesamaan malas – malasannya, ingin baring – baring di rumput sambil dengerin musik. Musiknya yang belum pernah didengarkan dan berada di outdoor. Banyaknya kesamaan ini, membuat penyelenggara membuat acara Lazy Hiking Club ini.

Foto: Koleksi penulis.

Selayaknya acara – acara musik pada umumnya, band tampil dan penonton menyaksikan. Acara ini sebenarnya sesederhana itu. Saya tidak mau membahas bagaimana setiap penampilan setiap band yang di acara ini. Ya, karena sudah jelas jawabannya; Bagus! Bagi saya ini bukan pengalaman pertama kali mendatangi acara musik bertempat di alam terbuka seperti ini. Tetapi ada hal yang membuat “Lazy Hiking Club” menarik dan berbeda. Bisa dibilang suasana atau atmosfir acara ini sangatlah menyenangkan. Konsep “Lazy” disini saya rasa yang membuat perbedaan besar dalam acara ini. Perlu digarisbawahi, walau mengusung konsep “Lazy” tak lantas membuat acara ini dibuat asal – asalan. Lazy Hiking Club adalah salah satu contoh bagaimana sebuah cara yang baik dan benar dalam merayakan kemalasan. Semoga bisa berjumpa dalam perayaan kemalasan selanjutnya.

Share this post

Recent post