SUMATRA BERSATU VOL II: AJANG SILATURAHMI PENGANUT PUNK SETANAH SUMATRA

SUMATRA BERSATU VOL III: AJANG SILATURAHMI PENGANUT PUNK SETANAH SUMATRA

Medan masih panas! Lewat sebulan pagelaran Raon Fest 2018 yang dilaksanakan di Perkemahan Bumi Sibolangit, kini giliran Medan Punk/Sumatra Punk yang bakal unjuk gigi. Memilih lokasi yang berdekatan, Medan Punk/Sumatra Punk juga (wajib) masih berkolektif ria, seperti etos dari ideologi punk itu sendiri. Tulank, pentolan unit crusty RKA sekaligus penyedia sound system menjelaskan, bahwa gigs kali ini adalah lanjutan dari Sumatra Bersatu Vol 1 dan 2.
“Penggagas acara ini Medan Street Punk, tapi sekarang diakumulasikan jadi Sumatra Punk.” Tulank juga menambahkan, bahwa sebenarnya acara ini bukan dikhususkan untuk ke punk saja. “Sudah kami tawarin ke genre lain. Tapi ya itu, agak pesimis lihat kita. Intinya, kalau orang bilang ini acaranya punk, ya terserah. Yang pasti kami terbuka untuk menerima siapa pun dari genre mana pun.”
Flyer Acara. Koleksi: Medan Punk
Sumatra Bersatu sendiri telah dilaksanakan tiga kali, dimulai pada tahun 2007 di kota Medan, tepatnya di kampus ITM. Sedangkan yang kedua diniatkan di kota Jambi pada 2009, meskipun berakhir tidak menyenangkan. Soal ini, Tulank juga menceritakan, betapa kawan-kawan punk seluruh Sumatra (bahkan se-Indonesia) begitu memadati kota Jambi, hingga pihak kepolisian apalah itu namanya, memutuskan untuk membubarkan acara secara sepihak dengan dalih izin keramaian.  Kekacauan ala fasis inilah yang membuat Sumatra Bersatu membeku selama lebih dari 10 tahun.
“Yang menghandle di kota lain merasa ngga siap, ya karena kejadian di Jambi itu. Makanya yang di Sibolangit ini dihandle lagi sama Kolektif Medan Punk.”
Acara musik akan dimulai pada pagi hari di tanggal 11 Agustus, berjalan hingga pukul 8 malam. “Menghormati warga sekitar,” jelas Tulank. “Dari pukul 8 malam hingga pagi, kita ada bikin sharing session lintas genre. Yang pengen jalan-jalan kan juga bisa. Biar enak aja.” Esok paginya, acara akan dimulai kembali dan berakhir pada sore harinya.
Nantinya, selain sajian musik yang akan menghadirkan lebih dari 30 band yang berasal dari banyak kota di tanah Sumatra ini, Sumatra Bersatu Vol 3 juga akan menghadirkan sharing session, bazzar, juga lomba ala tujuhbelasan. Bukan punk kalau berhenti sampai di situ saja, dan ini MESTI dicontoh oleh penyelenggara lain yang ngakunya lebih beradab, bahwa akan ada pembersihan lingkungan setelah acara usai, yang dikerjakan secara kolektif oleh panitia, musisi, serta para penonton yang hadir di sana. Salut, salam hormat ketua!
Para kawan Medan Punk sedang meninjau lokasi. Foto: Medan Punk.

Share this post

Recent post