Musik Kebun Fest

MUSIK KEBUN FEST: SEMANGAT MEMBENTUK RASA KEKELUARGAAN DI KEBUN

Semangat kolektif muda-mudi zaman sekarang mulai menunjukan tajinya. Tentunya ini adalah sebuah kabar baik kita semua. Kalau tidak percaya, ya coba saja lihat berbagai macam acara-acara kolektif yang ada di akhir pekan. Semangat ini tentunya harus dijaga dan diharapkan dengan berbagai ragam acara kolektif yang ada sekarang dan hal ini dapat memicu untuk terus hadirnya acara-acara kolektif lainnya.

Acara kolektif terbaru kali ini datang dari Bandung. Musmob bersama dengan Komunitas Musik Pangalengan menggagas sebuah acara kolektif dengan nama Musik Kebun Fest. Tentu dari namanya saja sudah bisa ditebak acara ini diadakan dimana. Ya, gak? Musik Kebun Fest adalah sebuah acara Music Festival yang diadakan di sebuah yang berada di halaman rumah. Kenapa harus di kebun? Ini juga yang menjadi pertanyaan saya sendiri ketika pertama kali mendengarnya. “Kami ingin membuktikan bahwa untuk membuah sebuah acara pertunjukan musik itu tidaklah sulit. Hanya dituntut lebih sedikit kreatif untuk memanfaatkan yang ada. Contohnya, dengan memakai kebun di halaman rumah sendiri, kami bisa membuat sebuah festival musik.” Ujar Sandow selaku salah satu penggagas Musik Kebun Fest.

“Hm… ada betulnya juga,” gumam saya dalam hati. Dari situ saya menyimpulkan jikalau kalian masih mengeluh dengan tidak adanya acara musik di kota kalian, berarti itu tandanya kalian belum kreatif. Gak terima? Ya udah coba aja buktikan dengan buat acara kolektif kalian sendiri. Kalau ditanya sebenarnya apa tujuan dari sebuah acara kolektif, jawabannya berbeda-beda. Tergantung si empunya acara. Buat bersenang-senang boleh, atau biar dibilang orang keren juga boleh, intinya sih macam-macam tergantung gimana niat masing – masing si pembuat acara. Ketika ditanya tentang perihal tujuan acara Musik Kebun Fest ini, Sandow menjawab, “Semangat kolektif dan pergerakan independent (indie movement) adalah hal yang kami coba kami tularkan ke orang lain.”

Musik Kebun Fest ini akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2018 di kebun halaman rumah Komunitas Musik Pangalengan. Bukan hanya ada pertunjukan musik tapi juga bisa camping-campingan, ya tentunya campingnya di kebun. Mereka yang akan meriahkan Musik Kebun Fest di antaranya adalah Komunitas Musik Pangalengan, Fajri Navari, Alunan Semesta, Kata Djoeang, In Love (USA), Farica, Modjojuana, Nissan Fortz dan Leo Hastadi. Acaranya bakal dimulai dari siang sampai malam. Kalau saran dari mereka sih katanya kalo ada tenda bawa aja, kalo gak ada pun santai aja karena mereka juga bakal menyediakan penyewaan tenda juga di sana. Ber-camping ria sambil menikmati pertunjukan musik. Bisa dibilang sudah lama sekali sejak terakhir saya melakukan hal ini.

Poster Acara | Musik Kebun Fest

Sandow menjelaskan bahwa pemilihan kebun sebagai tempat acara itu mempunyai alasan tersendiri. “Bagi mereka nantinya datang ke Musik Kebun Fest akan mendapat suatu pengalaman baru. Musik Kebun Fest merupakan sebuah pertunjukan musik yang memiliki atmosfir kekeluargaan. Seperti halnya kebun rumah yang dekat erat hubungannya dengan sebuah keluarga, tumbuh subur dan menjadi indah.” Ia menambahkan bahwa harapan untuk ke depannya adalah dapat bersinergi bersama-sama, menjalin silaturahmi satu sama lain dan semakin memperbesar keluarga mereka. “Musik Kebun Fest yang pertama ini hanyalah permulaan. Ke depannya kami berencana untuk membuat Musik Kebun Fest di kebun-kebun teman-teman lainnya.” Jadi, tunggu apa lagi? Mari datang ke Musik Kebun Fest, bernyanyi dan bergembira bersama-sama dan menjadi bagian keluarga baru mereka yang hangat.

Rundown Acara Musik Kebun Fest 2018 | Musik Kebun Fest

 

Pihak Pendukung dan Media Partner Acara | Musik Kebun Fest

Share this post

Recent post