ROADBLOCK: DENDANG POGO DARI SUMATRA SELATAN

ROADBLOCK: DENDANG POGO DARI SUMATRA SELATAN

Halo bre! Ada kabar baik bagi para pendengar atau penggemar musik ska/punk yang datang dari Sumatera Selatan. ROADBLOCK adalah trio asal kota Palembang yang dibentuk dari perpecahan band semasa SMA. Terdiri dari para kolaboratornya, yakni: Sandi Pratama (gitar/vokal), Supriyadi (bass) dan Bagas Putra (drum). Band ini kembali digarap dengan mantab memakai konsep dan nuansa yang sangat jauh berbeda dengan band terdahulu semasa SMA.
Berdasarkan press release-nya, ROADBLOCK baru saja merilis debut albumnya pada 14 September 2018 ini dengan tajuk Nekropolis dalam format CD (Compact Disc) yang disertai alternatif bundling (CD, stiker, button, poster dan t-shirt). Pengambilan kata “Nekropolis” melambangkan kota kematian di mana penggambaran secara imajinatif terjadinya perusakan sisi elemen citra kota yang tidak semata-mata hanya dapat dilihat dari sisi budaya masyarakat kota Palembang, namun dari segala sisi elemen kota itu sendiri. Debut album ini sendiri berisi 6 track, di mana 2 track yang mereka kirimkan, “Give Up” dan “Liberty” sepertinya cukup merepresentasikan bahwa keseluruhan track yang ada dalam album Nekropolis memiliki kualitas sangat nyaman apabila didengarkan pada liang telinga yang jarang anda bersihkan itu!

Foto: Instagram @xroadblockx

FYI: Lagu “Give Up” telah dirilis terlebih dahulu oleh ROADBLOCK pada perayaan “Record Store Day 2017” lalu. Lagu ini sendiri menceritakan tentang gambaran seseorang yang telah menyerah akan sifat dan suasana yang tidak dapat dimenangkan lagi, dan tak pernah mendapatkan jalan keluar.
Overall, ROADBLOCK pada album Nekropolis terdengar banyak memainkan musik bertempo cepat, ber-ritme ska dengan gitar berkarakter clean sampai semi overdrive (crunchy). Untuk bagian vokal, nuansa british model SEX PISTOLS dan teman-teman sejawatnya ditambahkan sebagai pelengkap amunisi dan semangat untuk memancing crowd ber-pogo ria. Mungkin band seperti RANCID, THE SPECIALS, THE INTERRUPTERS adalah sedikit gambaran yang tepat jika ingin menggambarkan musik yang dibawakan oleh ROADBLOCK. Asik bukan?
Berbicara mengenai lirik (seluruh track berbahasa Inggris), ROADBLOCK dalam album Nekropolis-nya mengangkat isu-isu yang dari tahun ke tahun masih relevan untuk dirangkum dalam lirik sebab sampai detik ini masih belum ada solusi ampuh untuk memberangusnya. Apalagi kalau bukan isu-isu seputar sosial-politik, kekerasan, kejahatan seksual, dan lain sebagainya.


Untuk hal perilisan album, ROADBLOCK tak ambil pusing pada Musica Studio, Aquarius Musikindo, Bla..Bla..Bla Musikindo, Hura-Hura musikindo dan sebagainya. ROADBLOCK secara mantab membawa Nekropolis-nya bekerjasama dengan Youth Generator (label asal Palembang) dalam hal perilisan. Jangan sepele woi! SUMAR dan Fourtysixth Block pernah juga sebelumnya dirilis oleh Youth Generator, bre!
Untuk pembelian album Nekropolis bisa kalian dapatkan dengan cara menghubungi Youth Generator via Instagram: www.instagram.com/youthgenerator_
Cari tahu juga informasi dan schedule dari ROADBLOCK lewat :

Bandcamp: www.xroadblockx.bandcamp.com
Instagram: www.instagram.com/xroadblockx
Twitter: www.twitter.com/xroadblockx

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on tumblr
Share on print
Share on email

Recent post