NINETY: KISAH PARA PEMAKAI KIMIA

NINETY: KISAH PARA PEMAKAI KIMIA

Kabar gembira awal tahun ini datang dari Ninety, unit alternative rock dari Tangerang Selatan. Baru saja merilis single kedua dari rangkaian track di album debut mereka yang akan datang. Pada single ke dua kali ini mereka mengangkat tema yang lebih kompleks dari sisi kehidupan manusia: bagaimana manusia dalam mengambil suatu tindakan. Kali ini fokus kepada kenapa seseorang bisa sampai mengkonsumsi sebuah narkoba. Ya, ini bukanlah hal yang baru bagi anak muda zaman sekarang. Bahkan sudah dari dulu banyak lagu yang menceritakan hal ini, ya sebut saja beberapa seperti, the Drugs Don’t Work – The Verve, Alison – Slowdive, White Rabbit – Jeffesrson Airplane, the Brims – Anti Gandja, Morfem – Hey Tuan Botimen, dan masih banyak daftar panjang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, Ninety merilis lagu kedua mereka dengan judul “Kimia”, secara garis besar lagu ini menceritakan tentang narkoba dari perspektif seorang pemakai yang membuat lagu ini terbilang personal. Narkoba dilihat sebagai jalan keluar untuk lari sesaat dari pahitnya realita hidup, ya walaupun belum pasti tentu ada jalan pulang (mungkin dianya memang gak ingin pulang atau, ya hanya lelah).

“Ku ingin tinggal di sini saja/ tinggalkan dunia yang begitu kejam/ bukan untuk hilang melarikan diri/ ku hanya lelah hadapi dunia//” Sebuah pandangan pesimisme yang romantik terhadap realita.

Ada ajakan untuk tidak menjudge para pemakai kimia ini, walaupun terbilang ini cukup naif. “Kau tak pernah tahu hidupku// Kau tak pernah merasakan // Berpikirlah sebelum kau bicara // Mengapa ku dengan kimia.”

Ya kalian semua juga tahu bagaimana masyarakt kita pada umumnya memperlakukan para pemakai kimia ini seperti sampah masyarakat yang tidak punya masa depan. Banyak yang mencoba peduli, tapi tidak banyak yang mencoba untuk mengerti. Harapannya sih dengan lagu ini dapat memberikan perspektif baru tentang para pemakai kimia ini kepada para pendengar.

Musik pada dasarnya bisa dijadikan patokan untuk melihat keadaan sebuah masyarakat. Album Turn of the Bright Light – Interpol, menggambarkan tentang suasana paranoia masyarakat Amerika paska serangan teroris 9/11. Straight Outta Compton – N.W.A yang menggambarkan tentang bagaimana buruknya hubungan polisi dengan mereka yang berkulit hitam. Musik yang ada pada suatu zaman dapat menggambarkan dengan jelas apa yang sedang terjadi pada zaman tersebut. Contoh paling sederhana sih bisa dilihat pada dominasi gereja pada zaman kegelapan Eropa, yang sampai berpengaruh pada musik zaman tersebut, yang di mana semua musik pada zaman tersebut untuk keperluan ibadah.

Bisa dikatakan musik dapat menggambarkan tentang keadaan sebuah zaman. Kalau kita ingin mencoba bersikap sedikit kritis, lagu “Kimia” oleh Ninety, menggambarkan keadaan kesehatan mental masyarakat kita sekarang. Saat ini Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan tingkat depresi dan kecemasan tertinggi di dunia. Maka tidaklah heran jika kedepannya bakal banyak lagu yang bercerita tentang kecemasan dan kedepresian manusia, para pemakai kimia ini adalah salah satu contohnya.

Lagu ini cukup membuka banyak kemungkinan-kemungkinan baru pada tema dan musik Ninety yang belum pernah dijelajahi sebelumnya. Ninety yang terdiri dari Arya (Vocal & Keyboard), Dimas (Guitar), Ryan (Drum), dan Lanang (Bass) berusaha untuk berani mengeksplorasi setiap karya yang dihasilkan melalui tema dan lirik yang sederhana. Memberikan sudut pandangnya akan suatu permasalahan sosial yang mudah dicerna dan apa adanya, cukup menjelaskan Ninety sebagai kuartet yang ingin menghadirkan berbagai perspektif kepada para pendengarnya. Baik dalam segi karya dan image Ninety itu sendiri, lagu “Kimia” merupakan salah satu track yang terangkum dalam album penuh perdana Ninety yang akan datang. Mari kita tunggu kehadiran album mereka.

Kimia

“We Born to Rock, Walk Together and Rock Together”

Contact Person:

+62 812 8316 2020 (Whatsapp) – Dimas Raditya Yuliardi

Ninety90official@gmail.com

Ninetyindonesia.bandcamp.com

Twitter: @Ninety_ID

Instagram: @Ninety_ID

Soundcloud: @Ninety_ID

Facebook: Facebook.com/Ninety90music

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on tumblr
Share on print
Share on email

Recent post