DIM: SENANDUNG RINDU DARI UJUNG SUMATRA

Halo Degilian! Apa kabar??? Semoga kalian senantiasa bergembira selalu. Di awal tahun ini pasti kalian sudah punya beberapa resolusi yang pastinya sudah kalian rancang, bukan? Semoga segala sesuatu yang kalian harapkan segera tercapai di tahun ini layaknya bunga-bunga yang sedang bermekaran sehabis hujan. Ngomongin soal hujan biasanya identik dengan kerinduan akan seseorang yang kalian sayangi yang pasti punya hubungan sangat erat seperti orangtua, kekasih, atau sahabat yang sudah lama tidak berjumpa. Namun apa jadinya jika orang yang kalian sayangi itu kini sudah jarang tuk ditemui? Tentu sangat bahagia jika setiap saat bisa bersama-sama dengan mereka. Walau hanya sekadar bersenda-gurau atau menghabiskan waktu sambil menikmati segelas teh hangat dengan mereka. Dan mungkin kita bisa merekam setiap momen bersama orang yang kita sayangi di tahun-tahun sebelumnya untuk dijadikan sebagai pemicu semangat dalam berkreativitas di tahun ini. Semoga rindu bisa terbayar tuntas!

Kira-kira itu sedikit pengantar di awal tahun yang baik ini. Dan ini tulisan pertama saya di tahun 2019. Kali ini saya tertantang untuk meng-Kobel sesosok solois bernama panggung “Dim” yang berasal dari Jambi, yang baru saja mengeluarkan video lirik bertajuk “Senandung Rindu”. Berdasarkan kiriman press release yang dikirim ke surel kami di degilzine@gmail.com pada penghujung tahun 2018 lalu, “Senandung Rindu” dikatakan sebagai debut musik dan menjadi jembatan pengiring pergantian tahun, yang kelak akan menjadi teman di ruang dengar semua orang yang sedang merindukan orang-orang terdekat yang lama tak dijumpai. Namun, ketika rindu semakin dirasa, semakin berlalulah waktu, dan ternyata kita harus terus maju dengan menjadikan rindu tersebut sebagai semangatnya. “Senandung Rindu” adalah single perdana dari DIM untuk membuka perjalanan musiknya sebagai seorang solois, single ini memakan proses dan waktu cukup panjang sejak awal 2018. Setelah sebelumnya juga sebagai kolaborator dalam sebuah projek pop “Erraza”, yang telah melepas debut albumnya bertajuk “Say Hello…”, DIM juga telah terlibat banyak dalam projek sebagai penulis lagu dengan beberapa penyanyi asal Jambi seperti Furqon, Windyva dan vocal grup Lemonade yang juga telah merilis beberapa karya sebelumnya. Dalam proses memulai karir solonya, DIM juga terlibat dalam album kompilasi ‘Listen to Me’ untuk memperkenalkan jenis musik yang ia mainkan yang dirilis di penghujung 2018 lalu. Lantas apa yang membuat saya tertarik untuk membedah lagu milik Dim tersebut? Begini penjelasannya.

  1. Musik yang ear catchy dan familiar

Pertama sekali ketika aku mendengarkan alunan musik serta petikan gitar akustiknya, aku menemukan harmonisasi yang cukup khas yang mampu merangsang telingaku. Hal itu yang membuatku serta merta ingin mendengar lagu ini berulang-ulang. Pilihan nada per nadanya juga cukup ringan dan sederhana saja dan itu juga yang membuat lagu ini tidak lebay. Ibarat makanan, lagu ini tidak bikin enek ketika disantap berulang-ulang.

  1. Lirik yang sederhana

Setelah berhasil membangun harmonisasi nada yang baik, kata per kata yang dirajut dalam lagu ini juga tidak bertele-tele. Simpel dan mudah dicerna namun tidak menghilangkan nilai estetiknya. Pondasi yang dibangun dari musik dan liriknya cukup sinkron sehingga nuansa yang dibangun sesuai dengan tema yang ingin disampaikannya.

  1. Komplimen

Hal lain yang aku temukan pada komposisi lagu Senandung Rindu ini yaitu drone suara  air hujan di sepanjang lagunya. Mungkin Dim ingin karyanya yang satu ini terkesan seperti live layaknya mendengar lagu di waktu hujan. Cara yang lumayan bagus buat mentransfer mood lagu kepada pendengar.

Begitulah kira-kira penjelasan singkat yang bisa aku tulis tentang lagu tersebut. Untuk Dim, semoga sukses dengan karier solonya dan mudah-mudahan albumnya juga segera rilis. Sekiranya ada kesempatan singgahlah ke Medan dan bersilaturahmi bersama skena musik kami di sini. Mudah-mudahan dengan tulisan ini dapat menjadi jembatan bagi kita dalam menjalin kekerabatan sesama penggiat seni.

More information

Social IG : @disudut.kamar

Contact : 081368451346  

Leave a Comment