NEWS COVER 800 x 550

KEEP THE FAITH: ALBUM BARU UNDER18 KEMBALI KE GENRE LAMA OLDSCHOOL HARDCORE

Tahun 2016, Under18 melepaskan album yang berjudul Keep The Faith dan berisi 12 lagu dengan 1 lagu cover dari dedengkot grup hardcore Warzone. Kali ini di tahun 2019, Under18 merilis album baru yang mereka panggil “Spirit, Passion, Sincerity”.

Pada album ini, Seeon sang vokalis menjelaskan bahwa judulnya sendiri dirangkum dari semua lagu yang sudah mereka ciptakan. Di dalam proses pembuatannya pun hampir tidak dikonsep karena kadang-kadang konsep yang sudah disiapkan tidak cocok dengan situasi atau kondisi. Seeon juga mengatakan bahwa proses pembuatan album baru ini terasa lebih enjoy dengan adanya personil baru Matt B yang mengisi gitar dan kembalinya Iev Tengik, personil lama Under18 yang sempat hiatus beberapa waktu lalu. Album ini direkam dan difinalisasi oleh Pay Jaffar, sound engineer yang langganan menggarap materi Under18 di Studio Bass Bandung.

Di album ini, Under 18 merekam beberapa lagu cover dari The Business yaitu “Justice Not Politics” dan “Alternative” dari The Exploited. Untuk referensi, SPS masih dibalut dengan style Youth Crew sampai 80’s – 90’s HC/Punk. Mereka juga merekam ulang salah satu lagu dari album Loyalitas (2007) yang berjudul “Ingatkan Aku”, entah apa tujuannya, mungkin lagu ini memiliki makna tersendiri bagi Under18 sehingga perlu dikenang kembali pada album SPS. Dibandingkan dengan album Keep The Faith yang mungkin sedikit bergaya modern hardcore dikarenakan adanya personil lain, album SPS ini didaulat sebagai basis genre yang disajikan oleh Under18 sejak awal, oldschool hardcore.

Album ke-4 ini akan membawa mereka ke agenda baru, seperti agenda split tour ke Tasikmalaya, Solo, dan Semarang. Bersama band asal Jakarta yaitu Final Attack yang sudah dirilis informasinya di media sosial. Selain agenda split tour tersebut, mereka akan mengadakan acara perilisan album SPS pada 2 atau 3 bulan setelah albumnya rilis.

Under18 yang diinisiasi sejak tahun 1997, dibentuk atas dasar kesukaan setiap personil terhadap Warzone di lingkungan sekolah menengah atas. Tahun ini kembali dengan album baru yang berisi 12 lagu dan 2 lagu cover. Dilepaskan secara niat yang bulat dengan semangat yang tak pernah padam.

Terbentuk di lingkungan sekolah dan sama-sama menyukai old-school hardcore seperti Warzone, UNDER18 terbentuk pada tahun 1997. Menyajikan album pertama yang berjudul Loyalitas pada tahun 2007. Dilanjutkan oleh album Look Inside BDG pada tahun 2011 dan Keep The Faith pada tahun 2016. Pada satu perempat akhir tahun 2019 mereka merilis album baru yang berjudul Spirit, Passion, Sincerity.

Share this post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on tumblr
Share on print
Share on email

Recent post